BERITA TERKINI DPRD KABUPATEN NGANJUK

Posted on 5 April 2021 by Admin

TAK PUAS DENGAN KINERJA BUPATI, DPRD NGANJUK AJUKAN HAK INTERPELASI

NGANJUK - DPRD Kabupaten Nganjuk menggelar Rapat Internal dengan empat acara pokok bahasan utama pada Senin (5/4/2021) sekitar pukul 09.00 WIB

Adapun empat pokok bahasan utama diantaranya penyampaian penjelasan lisan atau usul hak interpelasi pandangan fraksi-fraksi DPRD terhadap penjelasan pengusul hak interpelasi pandangan fraksi fraksi DPRD terhadap penjelasan pengusul hak interpelasi, tanggapan atas fraksi fraksi DPRD, pengesahan dan penetapan rancangan keputusan DPRD tentang hak interpelasi.

Hal ini dilakukan, karena para anggota DPRD Nganjuk ingin meminta keterangan kepada Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat Nomer II tahun 2021 yang saat ini sedang dialkukan perubahan kedua atas Perda Kabupaten Nganjuk Nomer I tahun 2016 salah satu dasar Perbup tersebut.

Disamping itu sebagaimana yang dikatakan Ulum Basthomi, pimpinan rapat paripurna internal DPRD Nganjuk, pimpinan rapat Paripurna rapat paripurna internal DPRD Nganjuk, menganggap wajar hak interpelasi dilakukan, jika dirasa Kepala Daerah sudah dianggap kurang cakap dalam bekerja.

“Dari 41 anggota Dewan yang hadir, semuanya menyatakan setuju dilakukan hak interpelasi, Hal ini dilakukan karena penerbitan, Perbup II/2021 yang konsiderans nya Perda 1/2016 sebagaiman perubahan pertama perda 9/2018 yang di dalamnya ada bebrapa ketentuan yang inkosisten masih dalam penggodokan perubahan kedua atas perda tersebut.”kata Ulum.

Sementara itu Ketua Fraksi Hanura, Edi Santoso juga menyampaikan, ada bebrapa hal yang mendorong diajukannya hak interpelasi terhadap Bupati. Diantaranya Perbup tersebut dan lainnya adalah beberapa jabatan eselon 2 yang malah dikosongkan.

“Selain Perbup 11/2021 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa juga terkait dengan Bupati Nganjuk dalam melakukan mutasi dan pengangkatan sejumlah pejabat tidak melalui mekanisme yang ada seperti  assessment yang tidak dipakai dalam pelantikan kemarin, “ujar Edi.

Hal yang sama disampaikan oleh Suprapto Sekretaris Fraksi Gerindra, usulan hak interpelasi sebelumnya ditandtangani oleh 9 orang dari 7 Fraksi termasuk dirinya. Tapi setelah dilakukan paripurna dari 50 orang sebanyak 41 orang yang hadir menyatakan setuju. Demikian pula dalam pandangan umum fraksi. Semua fraksi (7 fraksi ) menyetujui dan mendukung interpelasi terhadap Bupati.

Hasil Paripurna itu, sambung Suprapto akan disampaikan ke Bupati dalam bentuk surat resmi selanjutnya, Dewan akan mendengar jawaban dari Bupati dalam paripurna mendatang.

“Kita tunggu saja annti bagaimana jawaban bupati terkait Perbup 11/2021, dan pelantikan pejabat yang dialkukannya kemarin serta jabatan jabatan lainnya yang masih dibiarkan kosong yang dipertanyakan oleh DPRD dalam hak interpelasi,”tegas Suprapto.

Sementara Mashudi Sekretaris PDI Perjuangan salah satu partai pengusung, menegaskan, hak interpelasi adalah hal yang wajar dilakukan oleh DPRD untuk meminta klarifikasi kepala daerah dalam membuat kebijakan yang dianggaptelah mencederai DPRD Nganjuk, yang saat ini sedang menggodok perubahan Perda yang terkait dengan keluarnya Perbup 11/2021.

“Hak interpelasi adalah hal wajar dilakukan apabila kepala daerah dalam melaksankanan tugas dan fungsinya kurang cakap,”tandas Mashudi.

Sedangkan menurut Muhammad Nur Daenuri juru bicara inisiatif hak interpelasi mengatakan munculnya interpelasi karena Perbup 11/2021.Karena itu Bupati harus memberikan penjelasan terkait apa yang sudah disampaikan dalam paripurna, sebab Perbup 11/2021 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa yang akan dipertanyakan itu berdampak luas terhadap amsyarakat.

“Contoh lainnya terkait adanya Kepala Desa yang kosng bahkan tidak dilakukan pengangkatan pejabat (PJ) Kepla Desa. Kenap hal itu dibiarkan kosong, lantas terkait pelantikan pejabat dan menjadikan dua OPD yang berkaitan langsung dengan pembinaan desa justru dikosongkan, jelas ini berdampak luas pada masyarakat desa,”tutur Nur Daenuri. (Tim)

kembali ke [MENU BERITA]

Galeri Foto

Lokasi Kami

Hubungi Kami

Sekretariat DPRD Kabupaten Nganjuk

Alamat: Jl. Gatot Subroto Nganjuk
Telephone: +62358-323495
Fax: +62358-327183