BERITA TERKINI DPRD KABUPATEN NGANJUK

Posted on 21 Pebruari 2020 by Admin

LAGI, KOMISI IV SIDAK SEKOLAH DAN TEMUKAN KONDISI YANG TAK LAYAK

NGANJUK - Di sela-sela kegiatan yang padat, Komisi IV kembali melakukan sidak ke sejumlah sekolah. Kali ini Komisi IV DPRD Nganjuk bertolak ke wilayah kecamatan Pace. Tepatnya SDN 3 Kepanjen. Di lapangan anggota komisi IV menemukan adanya 4 ruang kelas yang rawan runtuh. Tentu hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri. Mengingat bisa saja tanpa diduga menimbulkan korban yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Apalagi kondisi cuaca yang tidak menentu di musim penghujan ini. Seperti angin kencang, hujan disertai petir yang tentu saja juga menimbulkan kekahwatiran.

Kondisi atap yang rawan runtuh tersebut disebabkan karena sudah lama (termakan usia) belum diperbaiki. Hal ini seperti yang dismapaikan oleh salah satu guru yang mendampingi anggota komisi IV untuk mengecek kondisi ruang kelas.

Upaya yang ditempuh pihak sekolah sementara ini adalah mengosongkan ruang kelas agar tidak ada korban yang mungkin akan tertimpa runtuhan atap karena memang kondisinya mengkhawatirkan. Sampai ada rencana renovasi kelas, pihak sekolah akan berupaya memindahkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN 3 Kepanjen ke SDN 2 Kepanjen. Karena akan dimerger dengan SDN 1 Kepanjen yang terletak di selatan kantor kepala Desa Kepanjen. “Rencana ke depan sampai ruang kelas direnovasi, KBM akan dipindahkan ke SDN 2 Kepanjen. Namun masih menunggu izin terlebih dahulu. Apalagi SDN 2 Kepanjen kosong karena akan dimerger dengan SDN 1 Kepanjen,” terang pihak sekolah.

Melihat kondisi tersebut, Komisi lV mengapresiasi tindakan preventif yang telah dilakukan pihak sekolah dengan mengosongkan ruang kelas. “Langkah yang dilakukan oleh pihak sekolah saya rasa sudah tepat. Yakni karena kondisi darurat maka tidak ada pilihan lain siswa harus diungsikan demi menjaga keselamatan anak anak,” terang Politisi Partai Gerindra, Dia Putri Aruma

Selain itu, wanita yang akrab disapa Mbak Dia ini juga menghimbau kepada dinas pendidikan untuk secepatnya memonitor ke lokasi guna mengetahui seberapa parah tingkat kerusakan gedung sekolah SDN 3 Kepanjen dan segera pula untuk mengambil tindakan perbaikan. “Sebaiknya dinas pendidikan bisa segera meninjau ke lokasi langsung dan segera membuat klasifikasi terhadap kerusakan di sekolah-sekolah yang butuh rehab segera. Mana yang hanya rusak ringan, sedang atau berat/harus rehab total. Sehingga mudah untuk menyusun skala prioritas,” ujar Dia.

Disampaikann begitu karena meski kegiatan rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah terus digenjot, namun belum seluruhnya lembaga sekolah di Kabupaten Nganjuk tercover melalui program peningkatan mutu sarana pendidikan yang dikelola dinas pendidikan. Yang mana ini berarti masih ada sisa sejumlah gedung sekolah milik pemerintah yang rusak (tidak layak fungsi) dan berpotensi menimbulkan korban (membahayakan keselamatan guru dan siswa).

Pihak sekolah juga hendaknya berperan aktif untuk melaporkan ke dinas terkait agar segera mendapatkan penanganan. “Untuk para kepala sekolah hendaknya juga berinisiatif untuk melaporkan kerusakan yang terjadi ke dinas pendidikan secara berkala. Kalau belum ada tanggapan dari dinas laporkan lagi dan apabila sangat urgent langsung bersurat ke komisi IV. Karena tentu skala prioritas pembangunan kan banyak. Jadi harus punya inisiaitif juga. Toh ini juga untuk masyarakat Nganjuk juga,” imbuh wanita berambut panjang ini. (Tim)

kembali ke [MENU BERITA]

Galeri Foto

Lokasi Kami

Hubungi Kami

Sekretariat DPRD Kabupaten Nganjuk

Alamat: Jl. Gatot Subroto Nganjuk
Telephone: +62358-323495
Fax: +62358-327183